Followers

Sunday, June 14, 2015

Kapal Tangki Malaysia Bersama 22 Anak Kapal Tiba-Tiba Hilang

 


KAPAL tangker Malaysia, Orkim Harmony, yang membawa sekitar 22 awak dilapokan hilang di perairan Singapura dekat Laut Cina Selatan sejak tiga hari lalu.


KUALA LUMPUR – Sebuah kapal tanker Malaysia yang membawa 22 awak dilaporkan hilang dekat perairan Singapura di Laut Cina Selatan sejak kemarin. Kapal MT Orkim Harmony yang membawa muatan 5.879 ton bensin RON 95 dari Klang menuju ke Kuantan bersama 16 kru lokal termasuk lima warga negara Indonesia dan warga negara Myanmar.

Berdasarkan situs Marine Traffic, kapal tersebut terputus hubungan dengan perusahaannya sekitar pukul 6.05 petang.

Semua kru yang hilang berusia antara 20 tahun sampai 64 tahun.

Wakil Direktur (Operasi) Badan Penegakan Maritim Malaysia, Datuk Ahmad Fuzi Ab Kahar, ketika dihubungi membenarkan hal itu dan mengatakan setelah menerima laporan, gerakan pencarian dan penyelamatan (SAR) segera diluncurkan untuk menemukan semua anak kapal tersebut.

Dia mengatakan, posisi kapal terakhir adalah di 30 mil laut dari timur Tanjung Sedili, Kota Tinggi, Johor pada pukul 8.50 malam kemarin.

“Operasi SAR diaktifkan pada pukul 7.30 pagi kemarin melibatkan tiga aset laut yaitu KM Mulia, Pengawal 32 dan Penggalang 14 serta sebuah helikopter untuk pencarian dan penyelamatan kapal tersebut.

“Selain itu, dua kapal Angkatan Laut Diraja Malaysia (TLDM) turut membantu dalam operasi penyelamatan tersebut,” katanya.

Ahmad Fuzi mengatakan pihaknya telah menginformasikan lembaga penegak negara tetangga termasuk Singapura dan Indonesia tentang kejadian itu.

“Sampai saat ini penyelidikan tentang penyebab kejadian masih diteruskan dan SAR intensif ke semua aspek termasuk pencarian meliputi seluruh pantai timur dan Sarawak,” ujarnya. (utusan)

Dipetik Dari Sini

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.